Inilah 9 Cara 'Ajaib' Bisa Umrah Sebelum Usia 25, Kamu Pasti Mau?

Dengan 9 cara 'ajaib' ini, tidak mustahil bagi Anda untuk bisa berangkat umrah sebelum usia 25.


SepercikHikmah - Berumrah di usia muda tentu sudah menjadi impian semua orang,khusunya yang beragama Islam. Sayangnya, untuk bisa melakukan ibadah ini, dibutuhkan biaya yang besar. Biaya umrah paling murah di tahun ini saja sudah mencapai 18 juta-an per calon jemaah. Lumayan ya...

Tentu tidak semua orang memiliki biaya sebesar itu. Belum lagi, jika ingin berumrah bersama keluarga. Pastinya lebih besar lagi.

Tapi jangan khawatir nih, dengan 9 cara 'ajaib' ini, tidak mustahil bagi Anda untuk bisa berangkat umrah sebelum usia 25? Bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Menabung dengan besaran tetap

Banyak dari kita yang meremehkan kekuatan bunga berbunga atau lebih kerennya disebut sebagai compound interest. Tahukah Anda bahwa jika Anda sekarang berusia 18 tahun, menabung sebesar Rp100 ribu per bulan saja, maka bisa umrah pada usia 25 tahun.

Dengan perhitungan yang sama, jika ingin umrah bersama pasangan, cuma perlu nabung Rp200 ribu rupiah saja. Tentu saja tidak bisa menabung melalui bank yang memberikan riba, tetapi sebaiknya melalui koperasi syariah terpercaya yang biasanya memberikan bagi hasil melebihi 20 persen per tahun.

Dengan cara ini, selain bisa umrah di usia muda, biaya yang digunakan pun terjamin kehalalannya karena didapatkan dari cara yang syari.


2. Manfaatkan fasilitas pinjaman dari bank syariah

Dengan semakin berkembangnya layanan dan produk bank syariah, dikenal juga produk yang bernama pembiayaan umrah. Produk ini memang dikhususkan untuk bisa membantu calon jemaah umrah agar bisa berangkat lebih cepat.

Supaya lebih murah dan ringan cicilannya, tentunya bisa dikombinasikan dengan tips nomor 1, menabung dengan biaya tetap. Nantinya uang yang sudah Anda kumpulkan bisa menjadi kolateral dari pinjaman umrah yang diambil.

Supaya lebih yakin, Anda bisa bertanya pula pada ustaz mengenai sah tidaknya pinjaman umrah secara agama, apabila sebenarnya Anda sudah punya harta produktif. Namun masih membutuhkan bantuan arus kas supaya bisa umrah lebih cepat.

3. Niatkan sedini mungkin

Seperti peribahasa Cina lama, perjalanan seribu kilometer dimulai dari langkah pertama. Keinginan untuk umrah wajib diniatkan seawal mungkin. Bahkan, kalau memungkinkan, sebaiknya dituliskan besar-besar di tembok kamar Anda.

Dengan berniat lebih awal, tentunya kita dibiasakan fokus dengan tujuan kita untuk umrah nantinya. Indahnya lagi, dalam Islam, niat untuk berbuat baik saja sudah dianggap amalan. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk menunda-nunda niat berumrah.

4. Berinvestasi di Pasar Saham Untuk Perusahaan Yang Halal

Tentunya teman teman tahu kan bahwa salah cara paling cepat dalam meningkatkan modal adalah melalui berdagang di pasar saham. Namun tentu saja harus memiliki ilmu dan pengetahuan tentang bagaimana berdagang di pasar saham.

Selain itu, saham yang diperjual belikan agar memilih perusahaan yang bidang usahanya jelas jelas halal. Dengan cara ini kita bisa terhindar dari kekhawatiran bahwa rejeki yang kita gunakan umroh tidak halal.

Bagi yang khawatir hukum jual beli saham, MUI sudah memberikan fatwa kok kawan. Fatwa bisa dibaca di laman badan reksa dana ini

5. Berangkat Umroh Pada Saat Low atau Shoulder Season

Seperti halnya berpergian pada umumnya, perjalanan umroh juga memiliki beberapa musim. Yaitu high, shoulder dan low season. Perbedaan dari ketiga season tersebut ada pada harga dan jadwalnya. High season biasanya terjadi pada saat liburan atau ramadhan dan low season pada musim kantoran biasa.

Perbedaan harga high dan low season biasanya cukup tinggi. Dari penelusuran kami, biaya umroh high season bisa sekitar 4-8 juta rupiah lebih mahal dari low season dengan fasilitas yang sama.

Dengan kata lain, lebih baik merencanakan perjalanan cukup lama sehingga bisa menghemat untuk pergi pada low atau setidaknya shoulder season.

6. Ajak Temanmu Supaya Dapat Diskon

Biasanya banyak travel umroh yang memiliki program diskon kepada jamaah yang bisa membawa temannya. Tentu saja ini bisa kamu manfaatkan untuk mengurangi biaya umrohmu. Dari pengalaman penulis, biasanya potongan harga yang bisa diberikan berkisar US$25 s/d 150 untuk setiap jamaah yang kamu bawa.

Yang penting adalah jangan sampai kamu terjebak program ala MLM untuk berangkat umroh. Masalahnya adalah jenis program semacam ini sudah dilarang oleh kementerian agama. Jadi jangan tergiur oleh ajakan rekan rekanmu untuk jenis program ini.

7. Pilih Umroh Yang Fasilitasnya Sederhana Saja
Sekarang ini semakin banyak paket umroh yang menawarkan fasilitas super wah kepada jamaahnya dengan biaya yang tentu saja wah juga. Padahal kita harus ingat bahwa tujuan kita pergi umroh bukan untuk bermewah mewah kan ?

Dari pengamatan kami, paket umroh bintang lima bisa lebih mahal sampai US$1000 dibanding yang bintang 3. Padahal jumlah pahala yang bisa diraih bisa jadi tidak ada bedanya.

Tahukah kamu bahwa jumlah bintang di Mekkah atau Madinah juga seringkali tidak menandakan bagusnya layanan hotel, tapi lebih kepada dekatnya jarak kepada Haram atau Nabawi.

8. Jangan Mudah Tergiur Program Bersama Artis (atau Dai Kondang)

Seringkali beredar di pasaran program umroh bersama artis tertentu atau dai kondang. Masalahnya pergi bersama tokoh tersebut tentu tidak termasuk rukun dari umroh.

Adanya kita malah terlalu fokus cari kesempatan untuk ngobrol atau malah foto selfie bersama tokoh itu tadi. Jadinya malah tujuan kita untuk mendekatkan diri ke Allah malah tidak tercapai. Belum lagi tokoh tadi pastinya tidak akan sempat untuk memperdulikan kita.

Tentunya pahala kita tidak ada kaitan dengan jumlah selfie dengan artis atau tokoh tadi kan ? Yuk dipikirkan kembali kalau ada niatan seperti ini.


9. Umroh Backpacker, Siapa Takut ?
Selain umroh melalui metode yang sudah ditawarkan oleh travel umroh pada umumnya. Ada juga komunitas umroh backpacker yang memungkinkan pergi umroh dengan biaya super miring.

Nah, tanpa perlu melewati komunitas seperti itu, kita bisa kok pergi umroh tanpa melalui biro umroh. Caranya sederhana

i. Dapatkan Visa Bisnis dengan isi aplikasi di website. Kadangkala anda harus mencari penjamin atau pengundang dari Saudi.

ii. Cari tiket pesawat umum ke Jeddah / Riyadh. Bisa dicari di traveloka atau farecompare

iii. Gunakan kendaraan umum untuk ke Mekkah atau Madinah. Bis umum biasanya hanya 35 sampai 80 riyal

iv Untuk penginapan bisa singgah di Masjidil Haram atau Nabawi. Minum disediakan, Makan sekitar 15-35 riyal sekali makan (porsi besar)

Total biaya yang dikeluarkan bisa tinggal US$1000 atau US$1200 saja.

Bagaimana? Anda tertarik Umroh Backpacker? Selamat mencobanya, semoga impian Anda tercapai.

Sumber: http://musmus.me
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==